Selasa, 23 Juni 2015

Servis Raket Nyamuk Sendiri Bagian I

Saya punya raket nyamuk beli di depo bangunan tahun 2009 di Surabaya. Tahun lalu 2014 saya bawa raket itu ke Jogja karena lagi musim nyamuk. Nah, baru beberapa bulan dipakai eh langsung rusak. Akhirnya nganggur cukup lama raket rusak itu. Pernah berniat memperbaiki atau menserviskan tapi urung terlaksana.
Karena bulan ini di tahun 2015 lagi-lagi musim nyamuk, saya belilah raket baru merek Kenza harga sekitar 46 rb di Jogja. Nah, beberapa minggu dipakai raket itu tidak sengaja terduduki, rusaklah raket kedua.Berhubung kondisi mendesak, nyamuk-nyamuk semakin banyak menyerang, maka niat untuk memperbaiki & servis semakin kuat. Lalu saya muter-muter keliling Jogja, menemukan satu tempat servis. Saya taruh 2 raket tersebut ke servisan, 1 minggu kemudian saya ambil dan ternyata orang servisnya bilang tidak bisa memperbaiki. Lalu saya muter-muter keliling Jogja lagi dan tidak menemukan tempat servis raket nyamuk.
Dikarenakan nyamuk-nyamuk terus menyerang, akhirnya memutuskan untuk servis sendiri. Lihat-lihat Youtube dan browsing tentang caranya servis. Hasilnya alhamdulilahirabill alamin raketnya sembuh dan bisa dipakai. Cara-caranya sebagai berikut :
1. Siapkan peralatan :
  • Multimeter. Punya saya analog yang kecil
  • Solder
  • Desolder
  • Timah untuk solderan
  • Lilin, korekapi
  • Baterai 1,5 v 2 buah
  • Kabel cadangan. saya beli 1 meter Rp.3000an kalo ga salah ingat
  • Cutter
  • Obeng
2. Bongkar raket nyamuknya. Kira-kira ada 5 skrup + 1 skrup didalamnya yang menahan sirkuitnya.
Ini Raket Pertama

Ini Raket Kedua


3. Melakukan cek fisik. Barangkali ada kabel yang putus atau ada yang terbakar. Dalam kasus saya, kedua raket tidak ada tanda-tanda kabel putus atau terbakar.

4. Melakukan cek dengan multimeter. Nah ini yang lumayan rumit. Kita akan membahasnya dari raket pertama :
Jadi umumnya skemanya seperti ini
Sekemanya dapat di sini
Ini sirkuit Raket 1
Nah, jadi komponen dalam sirkuit tersebut terdiri atas :
  • Dioda
  • Kapasitor
  • Resistor
  • Transistor
  • Trafo
  • Saklar
  • Led
  • Bentuk dan fungsinya dapat dari sini
Selanjutnya adalah mengetes masing-masing komponen sirkuit tersebut dengan multimeter. Menurut saya sebagai orang awam, untuk dioda, resistor dan saklar mudah mengetesnya. Cara-caranya saya dapatkan dari beberapa referensi website misalnya :
Jadi untuk komponen dioda, resistor dan saklar tesnya langsung ditempat sirkuti (tanpa dicabut/desolder). Setelah dites, ternyata saya menemukan saklar (pencetan) penghatar arus ke jaring-jaring raketnya rusak (diketahui melalui jarum multimeter tidak bergerak saat saklar tersebut ditekan).

Lalu saya beli saklar tersebut, namanya saklar kaki empat mbak toko elektroniknya bilang. Harganya Rp 500an. Nah selanjutnya adalah mengganti komponen saklar lama dengan yang baru. Setelah diganti, maka sekarang waktunya pengetesan apakah raket telah sembuh?. Karena baterai raket sudah lama tidak terpakai maka isinya sudah kosong. Waktu saya hidupkan dan tekan saklar, raket tidak berfungsi (tidak ada arus di jaring-jaring). Sehingga analisanya baterainya perlu direcharge. Lalu saya recharge 2 jam, eh masih juga tidak berfungsi. Saya kira kurang lama rechargenya. Akhirnya saya recharge seharian. Eh masih juga tidak berfungsi. Akhirnya, berdasarkan skema sirkuit diatas, dibutuhkan tegangan 3V untuk raket nyamuk. Jadinya saya coba ganti baterainya dengan baterai AAA 2x pasang seri dan dikasi kabel. Kabel baterai raket yang lama saya putus dan saya pasang dengan baterai baru. Wow, alhamdulilah, arusnya mau jalan, raketnya bunyi cetar-cetar.. dan lampunya mau nyala. Nah, selanjutnya saya beranggapan baterai 4V raket rusak karena sudah tidak bisa mengisi daya Kemudian saya memutuskan beli baterai baru. Dikarekan baterai yang lama tidak ada petunjuk kapasitas dan voltasenya. Maka saya browsing lagi, dan menemukan kalo baterai raket nyamuk (Mosquito Swatter) itu pakai 4V dengan kapasitas macem-macem. Saya kembali ke toko elektronik dan mbaknya bilang cuman ada yang kapasitas 800 mAh untuk baterai jenis itu. Ya sudah saya beli yang itu saja dengan harga Rp. 10.000 di Jogja. Ni gambarnya :
Setelah saya pasang baterai baru. Alhamdulilah raket 1 saya sudah berjalan normal. Jadi begitulah masalahnya dengan raket 1. Kita lanjutkan dengan reket kedua

Prosedur tes raket kedua sama dengan yang pertama. Gambar sirkuitnya seperti ini :

Nah, setelah dites dengan multimeter, dioda, bateray, saklar, resistor baik-baik saja. Lalu tinggal kapasitor dan trafonya saja yang susah ngetesnya. Kemudian solusinya kembali ke skema sirkuitnya. Karena lampu led di sebelah kanan trafo dapat menyala jika saklar ditekan, artinya komponen di sebelah kanan trafo baik-baik saja. sehingga tinggal yang di sebelah kiri trafo. Karena ujungnya arus disebelah kiri trafo adalah kapasitor, maka saya menganggap kapasitornya itu yang bermasalah. Sehingga saya desolder kapasitornya, saya belikan yang baru dengan ukuran kapasitor 223J 2000volt dijogja seharga Rp. 2700, kemudian saya tes. Cara ngetesnya, ujung-ujung kapasitor tersebut saya dekatkan ke masing-masing bekas ujung kapasitor yang lama (dengan kondisi kapasitor yang lama sudah didesolder). Jika muncul percikan, maka arusnya baik-baik saja dan dengan kapasitor baru otomatis kapasitor berfungsi dengan baik. (tapi hati-hati memegang kapasitornya, jangan sampai tangan terkena ujungnya, karena nanti bisa tersengat seperti tersengat raket nyamuk yang masih baru)
Nah, setelah kondisi sirkuti baik dan kapasitor sudah ganti yang baru maka tinggal disolder kembali kapasitor barunya. kemudian disambungkan ke kabel-kabel penghubung jaring-jaring raket. Hasilnya setelah saklar ditekan... :( raket masih tidak mau berfungsi. Nah ini yang paling membingungkan, sirkuit kondisi baik, baterai juga. maka masalahnya tinggal jaring-jaring raket. Rupanya waktu cek fisik dilakukan saya kurang teliti melihatnya bahwa jaring-jaring yang tidak sengaja terduduki itu berhimpitan antara yang terluar dengan yang tengah.
Jaring-jaring raket nyamuk itu ternyata ada 3 lapisan. 2 lapisan terluar memiliki sumber yang sama (+) sedangkan 1 lapisan dalam/tengah (-) berasal dari ujung kapasitor satunya. Kondisinya jaring-jaring itu berhimpit sehingga kita betulkan dengan menyetelnya ulang. Setelah disetel ulang, terus jaring-jaring raket dites dengan obeng (obeng menyentuh jaring terluar dan dalam) maka munculah percikan yang tandanya rakit berfungsi kembali. Alhamdulilah.




103 komentar:

  1. saya br beli raket nyamuk siang tadi di mirota. salah saya adl tidak mencoba dulu (krn tombolnya diplester dr sononya kupikir tdk boleh dicoba). sampai dirumah, stlh dicas 4 jam br dicoba. lampu senter nyala, led nyala terang, tp kok jaring2nya tidak ada aliran listriknya. stlh dicek sana sini ternyata jaring2 ada yg bengkok sedikit. sudah dibenarkan tp tetep tidak ada aliran listrik. itu kenapa ya? solusinya bgmn? saya orang awam sekali mslh kyk gini gan. mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gimana coba itu.. saklarnya berfungsi tidak ? misal kalo dipencet lampu lednya nyala apa ndak, dah coba cek pakai obeng blm? seperti penjelasan saya diatas buat ngecek alirannya

      Hapus
    2. coba periksa kabel yang menuju jaring.. mungkin ada yang lepas..

      Hapus
    3. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
      Gan, Saya sudah bosan beli dan buang raket nyamuk, namun untuk raket nyamuk yang dua terakhir Saya tidak membuangnya. terpikir untuk memodifikasinya menjadi raket nyamuk yang di dalamnya tidak terpasang baterai, jadi sumber energinya langsung dari pln. Namun itu hanya sebatas konsepnya, karena nya barangkali Agan bisa bantu Saya membuatkan skema untuk raket nyamuk dengan listrik langsung pln
      Haturnuhun
      جزك الله خيرا كثيرا

      Hapus
    4. untuk listrik langsung pln, sepertinya perlu pakai adaptor deh mas. Adaptor hape itu kayaknya cocok, input 110/220 v, output ada yg 3-5 v (dilihat sj info di adaptornya). kalau dilihat skema raket nyamuk, dibutuhkan input batre 3V-4V, jadi kabel penghubung dr rangkaian raket k batre bisa dicabut dan diganti kabel menuju adaptor yang colok listrik pln. Mungkin butuh kabel yang puanjaang 10-20 m biar nanti raketnya bisa dibawa ke ruangan mana mana hahaha

      Hapus
    5. Bagus juga sumber tegangannya pakai powerbank hp..

      Hapus
    6. السلام عليكم
      maaf mas mw nanya punya saya transistor panas dan gak kluar setrum kapasitor udah saya ganti

      Hapus
  2. di rangkasbitung kab.lebak banten susah cari kapasitor dan battrey-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal dekat jakarta ya, kok malah susah.. mau saya kirimi apa ? hehe

      Hapus
  3. nah kebetulan aku baru beli baru, kalau pas dipencet walau gak ada nyamuknya kok keluar percikan listriknya di ujung frame raketnya ya? suaranya sama kalau pas dapet nyamuk. Kira-kira solusinya gimana gan? Jaring luar dan dalem masih bagus ga ada yg bengkok

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada benda konduktor yg menghubungkan jaringnya.. coba periksa, kadang terdapat di bagian dalam frame jaring...

      Hapus
    2. kadang sih ada tipe raket yang disetting ada percikan begitu. kemungkinan caranya ada konduktor yang dipakai utk menghubungkan jaring lapisan terluar sama tengah, sehingga bisa keluar percikan. Kalo mau dicek(dinon aktivkan percikan), perlu dibongkar rumahnya jaring tsb dan dicari dan dilepas konduktor yang menghubungkan lapisan terluar sama tengah.

      Hapus
  4. mas raket saya udh lama tidak di gunakan karena batry....skrg batrai udh saya ganti mas...saat di tes dengan obeng percikan api sangat kuat mas.namun saat untuk nyamuk sama sekali yidak keluar percikan api mas..n banyak gak kena nyamuknya....gimana solusi nya mas....tlg d bantu...mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin nyamuknya pake sarung tangan dan jaket om..

      Hapus
    2. kemungkinan lapisan jaringnya mas, bisa terlalu jauh jarak antara lapisan jaring terluar sama tengah, shingga nyamuk hanya menyentuh salah satu lapis jaring. solusinya lapisan jaringnya dpres sj biar semakin dekat 1 sama lainnya

      Hapus
  5. Raket gak keluar tegangan gan..sya cek tombol okke lampu senter nyala,lampu indikatot nyala transistor nya oke tegangan VCE nya 0V VBE nya 0.7V solusinya ms...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya kapasitornya mas. Cek kapasitor yg menuju ke jaring. kalo masih normal, cek kabel penghubung kapasitor ke jaring.

      Hapus
  6. kaki lednya salah kayaknya mas min plus nya

    BalasHapus
  7. gan,, baterai raket nyamuk apa namanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. macem-macem mas, raketnya pakai batrai AAA, AA, ato yg batrai recas

      Hapus
  8. Batreinya apa? Harga kisaran berapa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah batrai apa sj mas, seng penting ukurannya 3-4 volt, atau samakan saja dengan batrai lama di raket lama. haganya macem-macem 10rb-30rban

      Hapus
  9. mas saya baru saja beli raket nyamuk saya charger selama 15 jam kok meledak ya????
    kata penjual nya si harus dicharger dulu mas!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya chargernya 3-5jam aja. Busyet 15jam ��

      Hapus
    2. Kepanasan kayakx itu mas... Coba pakai powerbank sbg sumber tegangan

      Hapus
  10. Mas,saya punya raket kalau di cas,lampu indikatornya tidak nyala sama sekali,kira2 apa yg rusak mas? Dan bagaimana urutan pengecekannya?
    Terima kasih mas sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba beli lampu indikator baru mas, murah banget kok harganya, 300 repesan. celamat mencoba

      Hapus
  11. mas galang, nek batrenya anyar kinyis2, led nyala terang, lampu kontrol terang, jarak net standar. tapi percikan api lemah. nyamuk disengat malah ketawa e. kira2 kerusakannya di mana ya... ntar kalo berhasil tak sowani ke cangkringan mas. turnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha nyamuk opo kui. lek percikan api lemah ketoke kapasitore mas. ganti seng nyar kapasitas 223J 2000volt, regane 2700an ato cek dulu tulisan dikapasitor lama brp, disamakan ae. selamat mencoba. lek sowan mrene nggowo kopi seng uwenak yo

      Hapus
  12. Batray pakek power beng hp awet .

    BalasHapus
  13. mas galang, saya baru beli raket nyamuk puny krisb*w, baru seminggu sudah rusak, raket nyamuk yang saya puny itu raket nyamuk yg batre ny pake batre AA, nah skrg raket ny bisa nyetrum, cmn gk bunyi cetar cetar.

    Terima kasih mas sebelum ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. lek menurutku mas, bunyi cetar-cetar tu gara kapasitornya py voltase yg besar, pyku 2000 volt 223J. coba cek kapasitornya raket sampean brp

      Hapus
  14. Gan IC nya cpet panas kalo saya tekan tombol swichtnya.. Itu kenapa yah.... Aq ganti juga sama.. .dan dijaringnya tidak ada percikan sama sekali itu kenapa ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. lek ICnya cepet panas, ketoke ono komponen seng ga sesuai ukurane mas ato bisa juga kualitas komponennya dah aus ato rusak, jadi arusnya terhambat. coba cek ukuran & rusak ndaknya resistor transistor n kapasitornya.

      Hapus
  15. Gan raket punya saya sepertinya lemah kalau dapat nyamuk hanya memerlukan api kecil tanpa suara dan saya juga ragu apa nyanyinya mati apa ngak.itu kenapa dan solusinya apaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama tama batreinya gmn mas, kedua kualitas kapasitornya. kualitas = ukurannya berapa, rusak apa ndak.. ntar ganti aja kalo rusak. selamat memperbaiki :)

      Hapus
  16. Di modif pakek power bank satu minggu lebih kgak ngecass

    BalasHapus
  17. Nanya donk min.. Saya baru beli raket nyamuk. Pas di tes di toko, raketnya bagus, Api percikan pun besar. Kenapa setelah di cas, percikannya jadi lemah. Saya ulang cas lagi selama 3 jam. Percikan masih kecil juga. Apa yg rusak ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya sih, kalo barang dmakan dtempat enak, tapi kalo dbungkus bawa pulang ga enak, itu ada apa2ny mas. 🤣🤣 becanda.. solusi 1: mintak garansi mas

      Hapus
  18. Punten agan,saia baru beli raket 1 hari,kok sdh mati yo,dipake ga bisa nyala,kalo pas lg di cas lampu indikator nyala n jaring bisa fungsi.tapi kalo di lepas mati lagi....
    Mohon pencerahane yo gan.maturnuwun jakallohukhaeer

    BalasHapus
    Balasan
    1. kmungkinan daya batrainya zonk mas. coba tes dgn batrai biasa kalo py sy 3v. jgn lupa jg mintak garansi

      Hapus
  19. Aduh saya mumett klo dsuruh bongkar yg ada sy sy banting tuh raket 😂😂 ga sabaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang mas, kasi mahasiswa tek elektro wkwkwkwk mantap to

      Hapus
  20. mas, udah saya ganti kapasitor, kok arusnya masih lemah/kecil ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooo, batrenya mas. tes pakek batre 3v yg baru

      Hapus
  21. Mas punya saya batrei normal led juga hidup tapi kok gk ada listrik yang keluar mas itu bagai mana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm, sudah cek komponen2 bagian kanan trafo mas? coba cek blog saya bagian kedua, sapa tau ada pencerahan

      Hapus
  22. Mas punyaku...!!pas di cas,lampu indikator tidak mnyala.mohon solusi nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lednya mas, kalo berdasarkan sirkuit raket nyamuk tetangga (blog sy bagian kedua) lampu indikator cas itu yg warna hijau ya.. nah itu coba tes pakai multimeter, setting di ohm 200 multimeternya, kmudian probe merah n hitam tempel di masing2 kaki lampu (led) kalo lampu ga nyala ya putus berarti, tinggal dganti saja. cuma 100 rupiahan

      Hapus
    2. Maaf mas mau nanya,, kalo senter bisa nyala tapi setrumnya gak bisa apanya ya?,, Apa ada yg kendor dari kabelnya atau harus ganti baterai?
      Tapi setrumnya saya cek pake obeng LEDnya nyala,,tapi kalo di pencet pake tombolnya gak bisa...

      Hapus
  23. Gan raket ane mas8h normal tpi ketika kena nyamuk gak bunyu cetek cetek.. cuma ada percikan apinya doang..padahal pas baru beli bunyi cetek2 ..kayaknya apa nya yah gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tes pakai obeng mas, obengnya nempel antara jaring terluar dengan tengah. cetek cetek ndak?

      Hapus
    2. Kalau dites pakai obeng bunyi cetak cetak gmn bang. Tp dpt nyamuk g bunyi

      Hapus
  24. Gan, raket nyamuk saya dipencet led nyala tapi ketikaketika ditempel obeng nyetrum sekali trus led mati, hrs nunggu beberapa saat baru bisa, tapi cuman bisa nyetrum sekali trus mati lagi, napa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. kyknya problem tingkat lanjut ne mas.. kirim kesini mas tak ceknya.. atau gini coba ngetesnya mas.. ganti batrainya pakai batrai biasa dirangkai seri jadi 3v.. normal ndak tu raket?

      Hapus
  25. saya baru liat ni blog. saya punya masalah dgn raket nyamuk saya. awalnya saya ganti kapasitornya karna percikan kecil sekali. setelah itu saya pasang batre sinyoku yg sudah terkelupas lapisan plastiknya. tiba2 ada percikan dari batre. saya ganti batre make batre 3,7v dari dalem keluar asep. saya g sempet liat dari mana asalnya. setelah itu sampai sekarang raket saya tdk ada listriknya. sudah ganti batre dan kapasitornya lagi ttp g nbisa. led dan senter bisa nyala. smua cuma listrik buat nyamuknya g ada. mohon solusinya..
    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek kawat nya gan..
      Siapa tahu ada yg nempel..
      Kawat jaring jaring nyamuk nya..
      Semoga membantu

      Hapus
    2. coba baca blog saya bagian kedua mas. itu masalahnya hampir sama kayak raket tetangga. led cas warna hijau dan senter bisa nyala, cuma led working yg warna merah tidak nyala. jadi komponen bagian kanan trafo yg indikasinya rusak

      Hapus
    3. ada yg konslet di bagian sebelum Trafo, mungkin karena batrey yg terkelupas itu

      Hapus
  26. mo nanya bang.. raket nyamuk q klu d pencet saklarx bunyi kaya aer mendidih d tes pake obeng nyalax kenceng tpi klu kena nyamuk malah lemah, tpi kadang nyalax kuat knpa ya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. raket nyamuk model apa tu bang. soalnya beberapa model tu lubang jaring raketnya kelebaran jadi kalo kena nyamuk gak sakit. kan bunyinya cetar-cetar kalo nyamuknya nyentuh bagian luar n tengah jaring

      Hapus
  27. Mantap blog nya..
    Makasih raket nyamuk saya dirumah udah bisa berfungsi lagi..

    BalasHapus
  28. Om,kapasotor yang warna coklat kan ada 2 itu ukuranya kira² berapaan ya?
    Mohon bantuanya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yg gede 2000v, kalo yg kecil 400v.. coba periksa tipenya mas ada tulisannya itu

      Hapus
  29. Kl kapasitory diparalel boleh g dan pengaruhnya apa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya.. kurang tahu bang.. sudah dcobak kah? share bang kalo dah nyoba

      Hapus
  30. Cara mengukur trafo T1 pada raket nyamuk gmna pak...

    BalasHapus
  31. klo batterainya ada yang jual ngak ya om, batterai raket nyamuk punya ku soak, di cahs hanya tahan sebentar saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak mas djual dmana-mana. dimirota kampus jg ada

      Hapus
  32. Sya beli raket nyamuk ko ga ad no seri di capasitorny mas..stlah pke 5 bln raket modar hanya lampu led dan senterny aj yg nyala,,iseng2 nyari capasitor bekas tp percikanny kecil bir percikanny besar capasitor ky gmn y.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli yang 2000v mas kapasitornya, dtempat saya djual paling gede 2000v ada yg 1600v, 1500v. itu harganya ga sampe 3000rb rupiah. atau mau baca blog saya bagian kedua. disitu ada tempat belinya haha

      Hapus
  33. Raket saya led nyala senter jg nyala tp gk ada percikan setrum dikawatnya...padahal baru beli 2 munggu..gmn bos solusinya...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. led yg mana yg nyala mas? kalo berdasarkan blog saya bagian kedua, led hijau untuk cas, led merah untuk nyetrum nyamuk. sebelum bongkar raket, cek dulu jaring-jaring jangan sampe antara jaring terluar dengan tengah nempel

      Hapus
  34. saya modif raket nyamuk untuk bunuh tikus... klo tikusnya mati.. dan badan tikus terus terhubung dengan jala.. biasanya apa yg rusak ya mas..? bisa gak di bikin switch timernya agar koneknya bisa terputus.. misalnya dalm 10 detik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ng, apa ya mas.. mungkin kapasitor yg langsung terkoneksi dengan jaring-jaring. lagipula kan switchnya on/off to mas.. jadi kalo ga ditekan ya gak on. share mas model modifannya

      Hapus
  35. arus yang mengalir ke kawat raket itu AC atau DC ya? thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. DC mas, baca disini http://ideskema.blogspot.com/2015/12/skema-rangkaian-tegangan-tinggi-dc-hv.html

      Hapus
  36. Mau tnya mas
    Aku abis ganti baterai, lampu senter nyala dan lampu indikator jg nyala..
    Tapi kok gda arus di jaring ya, shg gk bisa nyetrum..gmn solusi dan penyebabnya mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca blog saya bagian kedua mas, barangkali ada pencerahan

      Hapus
  37. Alhamdhulillah mas udah tak ganti kapasitornya langsung cetar membahana td beli kapasitor uk 223j 1600v yg 223j 2000v habis tp alhamdhulillah bisa terima kasih ilmunya mas galang 🙏

    BalasHapus
  38. Mas raket nyamuk saya ada alirannya tapi tidak bisa mati nyamuknya, sudah di cas 3 jam. Itu kenapa ya mas?

    BalasHapus
  39. Mohon sarannya, cek batrai masih bagus 4.2v, ganti kapasitor 223j 2000v sudah tapi tetap kurang sensitif seperti raket baru, apakah yg rusak trafo step up nya atau transistornya yg bermasalah ? ... Pda saat baru nyamuk nempel di bagian terluar ram kawat aja bisa langsung tersambar listrik, klau saat ini harus bersentuhan langsung antara ram luar dan ram dalam dan itupun percikannya tidak kuat seperti baru

    BalasHapus
  40. Mas galang, saya punya raket shinyoku lama ga pake, dan begitu mau pake, struman ga kuat, dan saya ganti baterai baru, setruman juga gak kuat, saya ganti kapasitor nya 2000v 153j, tetap sama, kira2 apa masalahnya yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mgkn ada dioda putus dan trafo yg sdh soak

      Hapus
  41. Saya punya raket nyamuk, baru 1 bulan pakai lampu LED power dgn senter TDK menyala. Apa kira2 kendalanya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek dioda batre dan transistor
      kl ngecas jgn kelamaan ..40 menit sj
      kmgkn cas kelamaan yg bikin rusak komponen

      Hapus
  42. mantep mas e, lagi mau benerin raket nyamuk yang rusak, biar nggak beli lagi, ternyata ada yg jual baterai nya ya, baru tahu sy

    BalasHapus
  43. mas raket saya merk krisbow ada lampu merah kalau di chaas nyala ada lampu hijau kalau saklar di tekan ada lampu warna biru buat penerangan dekat jaringnya. saya mw tanya mas lampu nya tidak menyala saat di gunakan tidak ada setrum juga di kapasitornya kecuali sambil di chaas baru lampu sakalrnya menyala itupun tidak ada setrumnya mas saya cek baterai ok kira2 apanya ya mas.?🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. bongkar..cek batre apa msh ada tegangan
      cek dioda apa putus
      dioda kl diukur bolak balik pake skala 2k di avo digital hrs ada nilai dan satu lg nilai 1
      cek transistor
      itu aja dulu

      Hapus
  44. mas, saya punya raket nyamuk bila switnya saya tekan lampu indikator nyala, tapi trnya kok panas ya....
    kira2 apanya ? trims sebelumnya

    BalasHapus
  45. Selamat malam, Mau tanya pak, raket nyamuk saya di charge bisa, tetapi lapu indikator charge tidak menyala, itu kenapa ya pak...?
    (Sudah di cek, Bagian dalam raket nyamuk, kabel lampu masih menempel dgn PCB).

    Terima kasih.

    BalasHapus
  46. Om raket sy merk luby tadinya normal2 saja , stelah di pke tetangga bunuh ntamuk diluar ruangan eh pulang2 pas dinyalakan jadi bunyi tik tik tik tp pelan padahal blm ada nyamyuk yg kena tapi masih bisa dipake normal juga cuman risih aja dengernya. Kira2 apanya ya? Makasih 🙏

    BalasHapus
  47. Mas..raket nyamuk saya nyala listrik bagus tapi engga bunyi kalo kena nyamuk,mohon info nya.

    BalasHapus
  48. wah akhirnya bisa memperbaiki raket nyamuk yang rusak lagi.

    https://bit.ly/37PGtg7

    https://www.bersosial.com/threads/virus-komputer-paling-berbahaya-dalam-sejarah.64407


    BalasHapus
  49. Mau tanya bang, klo d cas lampu LED nya nyala, tp klo d tekan saklar nya kok LED nya ga nyala terus ga ada arus listrik nya ya
    Mohon bantuan nya

    BalasHapus
  50. Mau tanya bang, saya baru beli raket nyamuk.. aku coba kan mungkin terlalu semangat jadi tombolnya itu masuk kedalam. Mohon sarannya biar raket nya bisa digunakan lagi 🙏

    BalasHapus
  51. Informasi yang sangat bermanfaat, terima kasih


    Merk Flashdisk Terbaik

    BalasHapus
  52. Maaf Mas. Sy gaptek elektronik, kmrn banjir, raket nya jg kerendem, tp ngga lama, senter nya nyala terus wlw redup, padahal qt ngga nyalain senter nya.. Adakah solusinya?

    BalasHapus